Jakarta, Metapos.id – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (“XLSMART” atau “IDX: EXCL”) melakukan penandatanganan kerjasama strategis dengan dua perusahaan teknologi global, PT Huawei Tech Investment dan PT ZTE Indonesia, untuk mendukung pengelolaan operasional jaringan nasional serta pengembangan pengetahuan, kompetensi dan penguasaan teknologi para karyawan di bidang teknologi dan digital.
Penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Shurish Subbramaniam, Direktur & Chief Technology Officer XLSMART bersama Antony Susilo, Direktur & Chief Financial Officer XLSMART dengan Kevin Zhou, CEO of Huawei Indonesia Carrier Business dan Richard Liang Presiden Direktur PT ZTE Indonesia, serta Jeremiah Rathadi, Direktur & Chief People Officer XLSMART bersama dengan Leo Lin, Director of Huawei XLSMART Account dan Musa Gan, Direktur Sales ZTE Indonesia, serta disaksikan langsung oleh Franky Oesman Widjaja, Chairman Sinar Mas Telecomunications and Technology, Thomas Hundt, Group Chief Business & Technology Officer Axiata, Simon Lin, Senior Vice President of Huawei Global, Xiao Ming, President Director of ZTE Overseas, Sun Fangping President Director of ZTE Global Service, Jason Tao Presiden Huawei Asian Pacific ICT Marketing and Solutions Sales Department, Pak Long CEO Huawei Tech Investment Indonesia, I Gede Darmayusa, Chief Integration Officer XLSMART, Sanjay Sachdeva Chief Procurement Officer XLSMART.
Shurish Subbramaniam, Direktur & Chief Technology Officer XLSMART, menyatakan, “Kerja sama strategis dengan Huawei dan ZTE ini menjadi langkah penting bagi XLSMART untuk memastikan pengelolaan jaringan kami berjalan optimal di seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga berkomitmen untuk mengembangkan kapabilitas digital para karyawan agar dapat menghadapi tantangan dan peluang di era transformasi digital. Dengan dukungan teknologi mutakhir dan pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, kami yakin dapat memberikan layanan terbaik dan pengalaman digital yang bermakna bagi lebih dari 94,5 juta pelanggan kami.”
Kolaborasi ini menjadi salah satu langkah strategis paling penting dalam fase awal perjalanan XLSMART sebagai entitas baru hasil penggabungan XL Axiata dan Smartfren. Dengan bergabungnya dua infrastruktur jaringan besar, XLSMART kini mengelola lebih dari 200 ribu BTS yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikannya salah satu operator penyedia jaringan paling luas di tanah air. Skala infrastruktur ini memberi XLSMART keunggulan kompetitif yang signifikan untuk mempercepat pemerataan akses digital, tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga hingga ke wilayah rural dan 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).
Selain memperluas jangkauan, sinergi infrastruktur ini juga untuk meningkatkan kualitas layanan yang lebih konsisten, stabil, dan efisien, yang akan dirasakan langsung oleh lebih dari 94,5 juta pelanggan di berbagai lapisan masyarakat. Inisiatif kerja sama dengan Huawei dan ZTE hadir untuk memastikan bahwa pengelolaan jaringan yang semakin kompleks ini dilakukan dengan standar tertinggi, melalui dukungan teknologi mutakhir, integrasi sistem yang mulus, serta kecepatan respons dalam menghadapi dinamika kebutuhan pelanggan dan industri. Dengan fondasi infrastruktur yang semakin kuat dan modern, XLSMART mempertegas komitmennya dalam menghadirkan konektivitas yang inklusif, tangguh, dan relevan bagi masa depan digital Indonesia.
Pengembangan Kepemimpinan Bagi Karyawan
Selain pengelolaan jaringan, kerja sama strategis ini juga mencakup program pengembangan kepemimpinan yang difokuskan pada peningkatan kompetensi karyawan dalam hal penguasaan teknologi terkini dan adaptasi teknologi masa depan. Melalui program Leadership Development, Huawei dan ZTE akan memberikan pelatihan intensif, workshop, serta modul pembelajaran yang dirancang untuk memperkuat kapabilitas para karyawan – pimpinan dan talenta strategis di XLSMART. Materi pelatihan akan mencakup berbagai topik penting seperti digitalisasi proses bisnis, inovasi layanan, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI), serta implementasi teknologi jaringan terbaru seperti 5G dan cloud-native infrastructure. Program ini merupakan langkah nyata XLSMART dalam memastikan bahwa transformasi digital tidak hanya terjadi di sisi teknologi, tetapi juga dari aspek kesiapan dan daya saing manusia/karyawannya. Pendekatan ini diharapkan dapat membentuk ekosistem talenta yang adaptif, inovatif, dan siap membawa perusahaan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dan masyarakat serta menjawab tantangan industri ke depan.
Komitmen untuk 94,5 Juta Pelanggan Indonesia
Dengan basis pelanggan yang melebihi 94,5 juta, XLSMART menetapkan target strategis untuk menjadi perusahaan telekomunikasi paling dicintai di Indonesia pada tahun 2027. Fokus utama perusahaan tetap pada pelanggan, yang tercermin dalam upaya berkelanjutan untuk membangun organisasi yang responsif, adaptif, dan berorientasi pada pelayanan berkualitas tinggi. Melalui cakupan jaringan yang luas dan infrastruktur yang semakin terintegrasi, XLSMART berkomitmen untuk menghadirkan akses teknologi yang merata, andal, dan bermakna bagi seluruh masyarakat Indonesia.