Jakarta, Metapos.id – Dalam rangka memperkuat peran strategis generasi muda dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) turut mendukung terlaksananya GEN-ZUMMIT 2025: The Indonesian Gen-Z Summit yang diorganisir oleh Gen Ztrive Indonesia berlangsung di SMESCO Convention Center, Jakarta. Gen-Zummit hadir sebagai ruang kolaboratif bagi generasi Z dalam membahas berbagai isu penting yang akan membentuk masa depan Indonesia. Lebih dari 800 peserta yang terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa, profesional muda, hingga pelaku industri hadir dan berpartisipasi aktif dalam acara ini.
pentingnya pengelolaan keuangan bagi gen Z dalam menghadapi berbagai risiko dan memastikan kekokohan finansial di masa depan. Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia menyatakan bahwa di tengah kondisi ekonomi saat ini, anak muda perlu melakukan mitigasi risiko yang tepat dengan menetapkan tujuan keuangan jangka pendek, menengah hingga jangka panjang.“Dalam mengelola keuangan ini, dengan penghasilan yang dimiliki, kita juga perlumenyusun alokasi keuangan, menyiapkan dana darurat setara 3-6 bulan pengeluaran termasuk menyiapkan memiliki proteksi asuransi maupun investasi secara bijak,” tambah Karin. Ia juga memberikan tips mengelola keuangan dengan metode pembagian, seperti untuk kebutuhan harian (40%), biaya sosial/donasi (10%), dana darurat, asuransi,tabungan, investasi (20%), dan pembayaran utang (maksimal 30%).
Strategi pengelolaan keuangan ini dapat terlaksana, jika anak muda juga dibekali dengan literasi finansial termasuk asuransi. Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2025 yang dirilis oleh OJK dan BPS, menunjukan Indeks Literasi Keuangan mencapai 66,46%, sedangkan Indeks Literasi Asuransi sebesar 45,45% atau naik dari 36,90% pada tahun 2024. Dengan literasi keuangan dan asuransi yang terus mengalami peningkatan, diikuti inklusi keuangan termasuk perlindungan asuransi baik Jiwa maupun kesehatan, maka akan mendukung terwujudnya generasi muda yang tangguh secara fisik, mental, dan finansial nya.
Dalam sesi tersebut, Karin juga menggarisbawahi realita yang dihadapi generasi muda saat ini, seperti baru mencari atau mulai meniti karir sehingga belum memiliki kestabilan keuangan, hingga gangguan dari sisi kesehatan juga tidak dapat diabaikan. Ketika anak muda sedang semangat-semangatnya mengejar karir, seringkali menjadi kurang berolahraga dan makan yang tidak teratur, sehingga rentan terkena penyakit. Apalagi saat ini biaya berobat akibat inflasi medis yang diprediksi mencapai 19% pada 2025 (Laporan Tren Kesehatan Mercer Marsh Benefits1).
Prudential Indonesia sendiri mencatat bahwa berdasarkan data klaim perusahaan tahun 2024, biaya pengobatan di rumah sakit semakin tinggi untuk penyakit-penyakit yang sering menyerang anak muda saat ini, antara lain demam berdarah mencapai rata-rata Rp19 juta atau naik 26%, tifus mencapai Rp16 juta atau meningkat 78%, usus buntu mencapai Rp63 juta atau meningkat sekitar 14%.
Oleh karena itu, dalam menjawab berbagai tantangan ini, Prudential Indonesia mendukung anak muda dalam mempersiapkan masa depan yang aman, sehingga menjadi generasi Indonesia yang lebih sehat, produktif, dan mandiri secara finansial melalui kehadiran produk asuransi kesehatan PRUSehat2 yang #BeneranPas. Produk ini dirancang
sesuai dengan kebutuhan premi terjangkau dan risiko kesehatan yang dihadapi anak muda Indonesia saat ini – manfaat rawat inap, rawat jalan untuk biaya perawatan tifus, demam berdarah, kanker dan cuci darah pada lebih dari 1.700 RS di Indonesia, termasuk rumah sakit vertikal milik pemerintah. Melalui produk PRUSehat, perusahaan ingin anak muda mendapat akses perlindungan kesehatan tepat, sehingga tetap dapat produktif dalam berkarya dan bekerja.
“Proteksi dan perencanaan keuangan sejak dini bukan hanya pilihan, tetapi sebuah kebutuhan yang memberikan ketenangan pikiran, menjaga stabilitas keuangan, serta
memastikan masa depan yang lebih aman dan terencana. Ibaratnya bila tidak punya
asuransi yang mumpuni, bisa-bisa tabungan pun terkuras akibat biaya pengobatan dan biaya hidup yang kian meningkat ini,” ujar Karin.
penyedia solusi keuangan untuk anak-anak muda,Prudential Indonesia telah melakukan berbagai acara edukasi keuangan baik secara online maupun offline, salah satunya seperti seperti yang diadakan oleh Gen-Zummit ini.
“Kami juga siap menghadirkan peran tenaga pemasar dari kalangan muda untuk menjadi garda terdepan yang memberikan edukasi dan menjelaskan informasi dan melayani konsultasi tentang produk yang tepat kepada calon nasabah dari anak muda juga. Jadi dari Gen Z untuk Gen Z,” tambah Karin.
Sebagai penutup, Karin juga menyatakan sangat mengapresiasi acara Gen-Zummit ini dan senang melihat antusiasme tinggi dari anak muda yang hadir. Hal ini menunjukkan tingginya kesadaran dan antusiasme para generasi muda turut serta merancang masa depan Indonesia yang lebih unggul, inklusif, dan berdaya saing tinggi.
Gomulia Oscar, Pemrakarsa GEN-ZUMMIT 2025, Pendiri Gen-Ztrive, The 1% Gen-Z
Community menyatakan kebanggannya dapat berkolaborasi dengan Prudential Indonesia dalam perhelatan Gen-Z akbar GEN-ZUMMIT 2025. “Acara ini dirancang sebagai wadah aspirasi, ekspresi dan diskusi bagi generasi muda yang tengah mempersiapkan diri menghadapi tantangan global dan dinamika sosial ekonomi dalam dua dekade mendatang yang dirangkum dalam tema besar #TheFutureZ: Generasi-Z siap menghadapi Indonesia Emas 2045. Dengan fokus pada 9 fokus industri strategis, GEN-ZUMMIT 2025 membuka ruang bagi pertukaran ide, wawasan, serta penguatan kapasitas generasi muda dalam perannya sebagai penggerak perubahan. Semoga kolaborasi ini dapat terus berlanjut dan semakin berdampak lebih luas bagi anak muda di masa depan,” ungkap Oscar.