• About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Ekbis

PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Sosialisasikan, Penyesuaian Tarif Reklasifikasi Golongan
Pelanggan Per September 2022

Rahmat Herlambang by Rahmat Herlambang
31 August 2022
in Ekbis
PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Sosialisasikan, Penyesuaian Tarif Reklasifikasi GolonganPelanggan Per September 2022
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA,Metapos.id – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi melalui Keputusan Bersama Bupati Bekasi dan Wali Kota Bekasi nomor : HK.02.02/Kep.386-rek/2022 dan nomor 539/Kepber.02-Ek/VIII/2022 ” Tentang Tarif Air Minum Rumah Tangga Mewah dan Tarif Progresif di Wilayah Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi”, tertanggal 15 Agustus 2022.

Akan melakukan penyesuaian tarif bagi pelanggan mulai dengan pemakaian September atau pembayaran Oktober 2022.

Adapun klasifikasi penyesuaian tarif sebagai berikut :

  1. Tarif golongan pelanggam sosial umum dan khusus, tidak berubah.
  2. Tarif golongan pelanggan rumah tangga 1A sampai 2B, tidak berubah.
  3. Tarif golongan non niaga instansi pemerintah, tidak berubah.
  4. Reklasifikasi pelanggan rumah tangga besar menjadi rumah tangga mewah, seperti Perumahan Kemang Pratama, Villa Taman Kartini, dan Perumahan Real Estate lainnya yang selama ini masuk rumah tangga 3 atau golongan 2c, menjadi rumah tangga 4 (mewah) atau 2d.
    Untuk tarif golongan 2c mulai 0 sampai 10 M3 tidak berubah/tetap. Penyesuaian dilakukan di tarif 11 sampai 20 meter kubik, dan 21 meter kubik ke atas diterapkan tarif progresif.
  5. Tarif Niaga dan Industri, juga diperlukan penyesuaian dengan kondisi perubahan tersebut.
  6. Penerapan penyesuaian tarif golongan 2c ke 2D sekitar 45.000 pelanggan.
  7. Pemberlakuannya bertahap dari target tersebut diatas. Pada September 10%, Oktober 30 %, November 40%, dan Desember 20%. Atas tarif disesuaikan untuk menjadi penerimaan yang diterima tahun ini adalah sebesar 80%.
  8. Untuk wilayah Jababeka, Grand Wisata serta Grand Cikarang City (GCC), akan diberlakukan penyesuaian tarif bulan Januari 2023.
  9. Penyesuaian tarif mempertimbangkan unsur keadilan, dan kondisi keekonomian dimana per bulan Juli 2022 tarif listrik industri mengalami kenaikan sebesar 8,5%, serta kenaikan harga BBM. Kenaikan ini mempengaruhi biaya produksi, mengingat tarif listrik dan BBM yang dibebankan ke PDAM adalah tarif industri. Sementara, pelayanan air bersih yang dilakukan PDAM sebagian untuk keperluan sosial masyarakat dan rumah tangga kurang mampu.

” Dengan adanya penyesuaian tarif ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan. Dalam pelayanan pelanggan, PDAM mengutamakan kepuasan pelanggan dengan pelayanan selama 24 jam, terkecuali ada perbaikan yang sifatnya insidentil, ” ujar Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi, Usep Rahman Salim, disela Sosialiasi Penyesuaian Tarif Atas Re klasifikasi Golongan Pelanggan, di salah satu Hotel kawasan Cikarang Selatan, Rabu (31/8/2022).

Hal ini dilakukan dan dijalankan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi dalam menjalankan usaha guna memenuhi pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat Bekasi. Dalam hal ini, PDAM dapat memberikan pelayanan yang maksimal dari aspek diantaranya yakni Kuantitas, Kualitas dan Kontinuitas (K-3).

” Dalam menjalankan perusahaan, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sudah mempunyai perencanaan bisnis (Business Plan). Saat ini, tengah menyusun perencanaan bisnis tahun 2023- 2027, setelah perencanaan bisnis 2018-2023 yang akan berakhir pada tahun 2023 mendatang, ” jelas Usep

Lebih lanjut Usep mengungkapkan untuk menjalankan dan target Business Plan, ada Sembilan komitmen yang nantinya akan dilaksanakan diantaranya yakni:

  1. Meningkatkan cakupan pelayanan.
  2. Mengoptimalkan kapasitas produksi eksisting.
  3. Menambah Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan Jaringan Distribuis Bagi (JDB) (Jaringan Transmisi dan Retikulasi).
  4. Meningkatkan pemakaian air rata-rata.
  5. Meningkatkan pelayanan khususnya hubungan pelanggan.
  6. Meningkatkan kualitras Sumber Daya Manusia (SDM).
  7. Menurunkan angka kehilangan air.
  8. Meningkatkan penjualan melalui psikologi marketing/pemasaran.
  9. Membangun citra, meningkatkan performance, dan branding. Pada tahun 2022 ini, ada berbagai target yang akan dicapai diantaranya yaitu penambahan jumlah pelanggan baru 50.000 SL.

Penambahan pelanggan akan difokuskan di wilayah Kabupaten Bekasi dengan penambahan jaringan perpipaan, serta penambahan Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Tretament Plan (WTP). Dan membangun kemitraan kerjasama melalui badan usaha swasta sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang didirikan
berdasarkan Peraturan Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi No. 04/HK-D/PU.013.1/VIII/1981.

Yang saat ini telah berusia 41 tahun tepat pada 29 September 2022. Jumlah pelanggan atau Sambungan Langganan (SL), tiap tahun terus bertambah.

Posisi saat ini PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi telah memiliki pelanggan sekitar 350.000 SL. Pelanggan tersebar di wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. Namun ada pelanggan Non Aktif (tidak aktif) sekitar 50.000 SL.

Untuk pelanggan non aktif, pelanggan non aktif dapat melakukan Penyambungan Kembali (PK) dengan biaya gratis.

Sementara untuk tagihan rekening yang terhutang selama non aktif, dapat dibayar dengan dicicil atau tunai (cash). Dengan demikian, para pelanggan non aktif, diharapkan aktif kembali.

Premium WordPress Themes Download
Download WordPress Themes Free
Download WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
free download udemy paid course
download mobile firmware
Download Nulled WordPress Themes
download udemy paid course for free
Tags: BUMDMetapos.idPDAM
Rahmat Herlambang

Rahmat Herlambang

Related Posts

Petrokimia Kembali Raih Golden Star Di Ajang “TJSL & CSR Award 2025” Berkat Program Inklusif Dan Berdampak

Petrokimia Kembali Raih Golden Star Di Ajang “TJSL & CSR Award 2025” Berkat Program Inklusif Dan Berdampak

by Rahmat Herlambang
2 July 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, kembali mendapatkan apresiasi atas konsistensi dan keoptimalan program...

Sri Mulyani: Eselon I Kementerian Keuangan Harus Mengajar di STAN

Menkeu Sri Mulyani Ungkap Saldo Anggaran Lebih Tahun 2024 Sebesar Rp457,5 Triliun

by Rahmat Herlambang
1 July 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ungkap saldo anggaran lebih (SAL) dari pelaksanaan APBN tahun anggaran 2024 sebesar...

Kenaikan Tarif Listrik Berpotensi Bikin Inflasi Lebih Tinggi

Alokasi Subsidi Listrik Diusulkan hingga Rp104,97 Triliun di 2026

by Rahmat Herlambang
1 July 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan alokasi subsidi listrik antara Rp97,37 triliun hingga Rp104,97 triliun...

Ekonom Soroti Aturan Bunga Platform Pinjaman Online

DPR Minta Kemenhub Segera Selesaikan Permasalahan Ojol

by Aulia Fitrie
1 July 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Komisi V DPR RI meminta agar Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk segera menyelesaikan permasalahan yang menyangkut ojek online...

Next Post
Hut Ke-60, PWRI Bersama Netzme Kembangkan Aplikasi Koperasi Digital PWRI Untuk Berdayakan Pensiunan

Hut Ke-60, PWRI Bersama Netzme Kembangkan Aplikasi Koperasi Digital PWRI Untuk Berdayakan Pensiunan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

BSI Terus Inisiasi Langkah Hadapi Risiko-Risiko Baru di Era Digitalisasi

BSI Terus Inisiasi Langkah Hadapi Risiko-Risiko Baru di Era Digitalisasi

29 October 2023
Kembali Penuhi Kebutuhan Pecinta Otomotif, Bank Mandiri Relaunching Mandiri MyPertamina Card

Kembali Penuhi Kebutuhan Pecinta Otomotif, Bank Mandiri Relaunching Mandiri MyPertamina Card

29 September 2024

Trending.

Jatuh Bangun Generasi Sandwich: Anak Driver Taxi, yang Lulus Cumlaude dan Kini Jadi Diaspora di Australia

Jatuh Bangun Generasi Sandwich: Anak Driver Taxi, yang Lulus Cumlaude dan Kini Jadi Diaspora di Australia

30 June 2025
Jiva Svastha Nusantara Dorong Akses Air Bersih untuk Cegah Stunting di Jakarta

Jiva Svastha Nusantara Dorong Akses Air Bersih untuk Cegah Stunting di Jakarta

23 June 2025
Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

16 March 2023
Pentingnya Memahami Polis Asuransi dan Klausul Pengecualiannya untuk Mendapat Perlindungan yang Optimal

Pentingnya Memahami Polis Asuransi dan Klausul Pengecualiannya untuk Mendapat Perlindungan yang Optimal

4 June 2025
BCA Pamer Gedung Baru Ramah Lingkungan di BSD

BCA Pamer Gedung Baru Ramah Lingkungan di BSD

16 June 2022
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media