• Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Ekbis

Tol Cibitung-Cilincing Bikin Perjalanan Makin Cepat, Tapi Tarifnya Masih Jadi Keluhan

Afizahri by Afizahri
21 June 2025
in Ekbis
Hingga AKhir 2023, Hutama Karya Proyeksikan Trafik Tol Trans Sumatera Naik 19 Persen
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Metapos.id – Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) makin menunjukkan manfaatnya, terutama bagi pelaku usaha logistik dan warga sekitar. Tol ini menjadi penghubung penting antara kawasan industri dan Pelabuhan Tanjung Priok. Tak heran, JTCC disebut-sebut tepat untukmenjadi bagian dari integrasi koridor wilayah logistik karena bisa memangkas waktu tempuh secara signifikan.Adil Karim, Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) Jakarta, menilai Tol Cibitung-Cilincing sebagai solusi dan bagian dari integrasikoridor wilayah logistik.

“Tol ini memang dirancang untuk memperlancar pergerakan logistik dari kawasan industri di timur Jakarta, seperti Cibitung dan sekitarnya, langsung ke pelabuhan, tanpa harus melalui jalur padat seperti Tol Jakarta-Cikampek,” kata Adil.

Namun, ia menyayangkan masih rendahnya tingkat pemanfaatan JTCC oleh pelaku usaha logistik. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh tingginya tarif tol yang dinilai tidak sebanding dengan efisiensi biaya operasional. “Untuk jarak sekitar 34 kilometer, tarifnya bisa lebih dari Rp100 ribu. Ini memberatkan pengusaha, apalagi sopir truk yang akhirnya enggan lewat tol,”ujarnya.

Integrasi koridor wilayah logistik merupakan upaya menghubungkan berbagai kawasan industri,dengan pusat distribusi seperti pelabuhan dan bandara melalui infrastruktur transportasi seperti jalan tol agar proses pengiriman barang lebih cepat, murah, dan lancar. Koridor atau jalur yang terintegrasi memungkinkan akses antar wilayah menjadi lebih tersambung tanpa banyak hambatan serta tarif untuk penggunaan infrastruktur seperti tol lebih terkoordinasi dan disesuaikan.

Jika terwujud, integrasi ini dapat membuka peluang bagi penurunan tarif tol secara keseluruhan,sehingga meringankan beban biaya logistik dan mendorong lebih banyak pelaku usaha memanfaatkan infrastruktur yang telah tersedia. Di tengah kemacetan di jalur logistik seperti Pelabuhan Tanjung Priok yang semakin padat dan jalan tol eksisting masih belum optimal dimanfaatkan, integrasi koridor logistik menjadi solusi mendesak.Sementara itu, dari sisi masyarakat, keberadaan tol ini ternyata turut membawa dampak positif yang dirasakan langsung di wilayah sekitar.

Drahim Sada, tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi,menyebut tol ini membawa kemajuan besar bagi wilayahnya.“Dulu kalau mau ke Jakarta lewat Bekasi macetnya luar biasa. Sekarang bisa lewat Tol Cibitung-Cilincing, jauh lebih lancar,” ungkap Drahim. Ia juga menceritakan waktu tempuh yang kini jauh lebih singkat. “Dari yang tadinya bisa 1,5 sampai 2 jam, sekarang 30 menit sudah sampai ke Pemda Kabupaten,” tambahnya.

Dusun Srimahi, Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat. Ia menyebut akses ke Jakarta kini makin mudah. “Besar keuntungannya. Dulu kampung kami sepi, sekarang lebih hidup karena dekat pintu tol di Gabus,” katanya. Menurut Soleh, perjalanan dari Gabus ke Telaga Asih kini bisa ditempuh hanya dalam 10 menit. “Kalau dulu bisa makan waktu lama, sekarang paling lambat 10 menit sudah sampai,” ucapnya.

Meski sudah merasakan manfaatnya, Soleh berharap pemerintah bisa mempercepat pengembangan tol, termasuk menyesuaikan tarif agar lebih terjangkau. “Kalau bisa ramai, ekonomi daerah juga ikut tumbuh. Kami juga berharap ada subsidi atau penyesuaian tarif permanen untuk Tol Cibitung-Cilincing dari pemerintah. Yang paling utama, tarifnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat secara luas termasuk tarif yang lebih masuk akal buat sopir truk,” harapnya.

Senada dengan itu, Adil dari ALFI juga mendorong pemerintah dan pengelola tol untuk mengevaluasi tarif Tol Cibitung-Cilincing. “Kalau tarif bisa lebih bersahabat, sopir akan lebih memilih lewat tol ketimbang jalan biasa. Ini tentu akan mempercepat distribusi logistik secara keseluruhan,” tutupnya.

Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes
download udemy paid course for free
download lenevo firmware
Download Premium WordPress Themes Free
online free course
Tags: Metapos.idTol cibitung
Afizahri

Afizahri

Related Posts

5.000 Peserta Mengikut Herbalife Run 2025

Herbalife Run 2025 Catat Rekor Peserta Terbanyak Sejak 2012 dengan 5.000 Pelari

by Rahmat Herlambang
21 September 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Herbalife Indonesia sukses menggelar ajang tahunan Herbalife Run 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang....

5.000 Peserta Mengikut Herbalife Run 2025

5.000 Peserta Mengikut Herbalife Run 2025

by Rahmat Herlambang
21 September 2025
0

Director & General Manager of Herbalife Indonesia, Oktrianto Wahyu Jatmiko (kiri), befoto bersama Sr Manager Sales of Herbalife...

Pacific Paint X Slank Hadirkan Set Warna Eksklusif Terinspirasi Alam Indonesia, Rayakan Kolaborasi Legendaris

Pacific Paint X Slank Hadirkan Set Warna Eksklusif Terinspirasi Alam Indonesia, Rayakan Kolaborasi Legendaris

by Rahmat Herlambang
19 September 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Dua nama besar lintas generasi, Pacific Paint dan Slank, resmi merilis kolaborasi istimewa melalui peluncuran set warna...

Bank Mandiri Akselerasi Layanan Wealth Management melalui Peresmian Mandiri Private Office Surabaya

Bank Mandiri Akselerasi Layanan Wealth Management melalui Peresmian Mandiri Private Office Surabaya

by Afizahri
18 September 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Bank Mandiri terus memperkuat posisinya di industri perbankan nasional dengan menghadirkan fasilitas eksklusif bagi nasabah utama. Upaya...

Next Post
Resmi! Pramono Anung Umumkan Call Name dan Logo Bank DKI Menjadi Bank Jakarta

Resmi! Pramono Anung Umumkan Call Name dan Logo Bank DKI Menjadi Bank Jakarta

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

Penerimaan Pajak Sudah Rp567 Triliun dalam 4 Bulan

27 May 2022
Ini Alasan Jasa Marga Tak Berlakukan One Way Saat Natal dan Tahun Baru

Libur Panjang Waisak 2024, Jasa Marga Prediksi Peningkatan Volume Kendaraan Mencapai 6 Persen

23 May 2024

Trending.

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

1 August 2025
RUPS Tahunan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

RUPS Tahunan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

3 September 2025
Affan Kurniawan: Driver Ojol Tewas Usai Dilindas Rantis Brimob di Pejompongan

Affan Kurniawan: Driver Ojol Tewas Usai Dilindas Rantis Brimob di Pejompongan

29 August 2025
Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

30 May 2025
PN Jakarta Pusat Didukung Komunitas Internasional untuk Menolak Gugatan FICMA

PN Jakarta Pusat Didukung Komunitas Internasional untuk Menolak Gugatan FICMA

16 September 2025
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media