Metapos.id, Jakarta – Roblox yang selama ini dikenal sebagai platform game online populer, kini mulai dipandang serius oleh dunia pendidikan. Sebuah studi internasional yang dipublikasikan di MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute) menemukan bahwa Roblox memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) serta pengembangan kreativitas.
Dalam penelitian tersebut, Roblox digunakan untuk berbagai eksperimen pembelajaran. Melalui Roblox Studio, siswa bisa mempelajari dasar-dasar pemrograman, matematika, hingga desain arsitektur. Bahkan, ada kelas sejarah yang membangun ulang situs bersejarah di dunia virtual Roblox sehingga siswa dapat menjelajahinya secara interaktif.
Hasil studi menunjukkan peningkatan keterampilan spasial, kreativitas, motivasi belajar, hingga interaksi sosial pada siswa. Keunggulan ini muncul karena Roblox memberikan pengalaman belajar yang imersif, kolaboratif, dan berbeda dari metode pengajaran konvensional.
Selain meningkatkan keberanian bereksperimen, Roblox juga mendorong siswa untuk mencoba menulis kode, merancang ruang, atau membuat simulasi tanpa takut gagal. Meski begitu, para peneliti menekankan pentingnya pendampingan guru dan orang tua karena sifat Roblox yang merupakan platform terbuka tetap mengandung risiko paparan konten yang tidak sesuai usia.
Temuan ini menegaskan bahwa di era digital, batas antara bermain dan belajar semakin tipis. Bagi sebagian siswa, Roblox kini hadir sebagai ruang belajar baru yang menyenangkan—kelas tanpa batas di dunia maya.