• About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Lifestyle

Konsumsi Menguat, Tren Belanja Online saat Ramadhan diprediksi Makin Melejit

Afizahri by Afizahri
16 January 2023
in Lifestyle
Konsumsi Menguat, Tren Belanja Online saat Ramadhan diprediksi Makin Melejit
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA,Metapos.id – Kebiasaan berbelanja online yang terbentuk sejak pandemi Covid-19 terus berlanjut seiring dengan pemulihan ekonomi dalam negeri. Menjelang Ramadhan yang akan berlangsung pada akhir Maret 2023 nanti, masyarakat pun diperkirakan akan lebih banyak berbelanja seiring dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR).


Survei yang dilakukan oleh pemimpin teknologi periklanan global, The Trade Desk, bersama lembaga riset YouGov terhadap lebih dari 2.000 penduduk Indonesia mencatat pada Ramadan tahun ini sebanyak 88 persen masyarakat Indonesia berencana berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan saat beribadah.


Survei ini juga menunjukkan bahwa perempuan milenial diperkirakan paling banyak berbelanja secara online pada Ramadhan yang akan datang. Dalam memilih platform belanja online, perempuan milenial akan cenderung lebih memperhatikan aspek promosi serta harga, dan produk yang akan lebih banyak dibelanjakan adalah produk kosmetik serta parfum, kesehatan dan fesyen.
Di sisi lain, lelaki milenial akan lebih memilih platform belanja online yang praktis dan cepat dalam berbelanja online. Mereka diperkirakan akan lebih banyak berbelanja kebutuhan spiritual dan produk digital. Sementara itu, konsumen Gen Z akan lebih banyak berbelanja produk kesehatan dan perawatan pribadi, serta kosmetik dan parfum, dibandingkan masyarakat umum pada Ramadhan 2023.
Melihat hal ini, dapat diprediksi bahwa platform belanja online atau e-commerce pun akan berlomba-lomba dalam menghadirkan inisiatif dan program menarik menjelang Ramadan nanti.
“Diperkirakan masyarakat Indonesia menggunakan sebagian besar waktu untuk mempersiapkan pembelanjaan mereka menjelang bulan suci tahun ini. Terdapat peluang bagi para brand untuk menjangkau konsumen mereka melalui pesan yang relevan di waktu yang tepat,” kata Purnomo Kristanto, selaku General Manager The Trade Desk Indonesia melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Kamis (12/1).


Hal ini turut didukung oleh temuan survei The Trade Desk yang mencatat sebanyak 53 persen masyarakat Indonesia berencana untuk menggunakan THR-nya pada saat Ramadan ketimbang menabungkannya. Menurut data agregat dari lima situs e-commerce terkemuka di Indonesia, aktivitas daring seperti ini diperkirakan akan memuncak pada 7–10 hari sebelum Idul Fitri, waktu di mana masyarakat Indonesia umumnya telah menerima THR mereka.


Dari sisi e-commerce, Tokopedia juga turut aktif ambil andil dalam meraih potensi tersebut. Alfredo Setiabudi selaku VP of Advertising Solutions Tokopedia yang turut hadir dalam acara peluncuran hasil survei ini menyatakan, selama pandemi, Tokopedia telah melihat percepatan pertumbuhan tren pemberian hadiah.
“Popularitas hampers tahun lalu tumbuh sebesar 140 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan mencapai rekor tertinggi. Tahun ini, kami perkirakan tren hampers akan terus meningkat. Dengan melandainya pandemi COVID-19, pertumbuhan kategori produk yang relevan dengan kegiatan tatap muka, seperti busana muslim, kecantikan, dan F&B kemungkinan akan tumbuh juga,” jelas Alfredo.


Tak hanya itu pihaknya secara konsisten juga fokus pada penjual konteks lokal dan menghadirkan program Ramadan Ekstra. “Kami secara konsisten menghadirkan Ramadan Ekstra, kampanye Ramadhan tahunan terbesar kami, untuk menciptakan pengalaman Ramadhan yang tak terlupakan bagi pelanggan kami dan pada saat yang sama mendorong pertumbuhan UMKM yang hadir di platform kami selama musim perayaan,” kata Alfredo.
Sebelumnya, Tokopedia juga sempat membagikan tren belanja sepanjang ramadan 2022 dimana kategori Makanan dan Minuman, Fesyen, dan Rumah Tangga tercatat yang paling laris di platformnya. Pada kategori fesyen misalnya, penjualan perlengkapan ibadah di Tokopedia melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis, dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim yang paling banyak diburu masyarakat. Selain itu, produk makanan dan minuman juga mengalami lonjakan. Madu, kue kering dan kopi adalah produk makanan dan minuman yang terlaris di Tokopedia Nyam!, serta mie instan merupakan menu penyelamat sahur favorit di TokopediaNOW!.


Tak hanya itu, hadirnya super App seperti Gojek, Grab, Tokopedia dan lainnya juga berkontribusi dalam meningkatkan pesanan makanan online (online food delivery) selama bulan Ramadan. Masih dari survei yang sama, 1 dari 4 orang di Indonesia akan memesan makanan melalui aplikasi pengiriman online Ramadhan ini. Jenis-jenis makanan yang akan paling banyak dipesan meliputi makanan siap saji, makanan ringan, minuman serta makanan penutup yang manis.

Download Best WordPress Themes Free Download
Download Best WordPress Themes Free Download
Free Download WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
udemy paid course free download
download intex firmware
Premium WordPress Themes Download
lynda course free download
Tags: Belanja onlineMetapos.idRamadhan
Afizahri

Afizahri

Related Posts

Traveloka Ajak Keluarga Wujudkan Momen Tak Terlupakan Lewat Kampanye Libur Sekolah 2025: Dari Destinasi Lokal Hingga Petualangan ke Mancanegara

Traveloka Ajak Keluarga Wujudkan Momen Tak Terlupakan Lewat Kampanye Libur Sekolah 2025: Dari Destinasi Lokal Hingga Petualangan ke Mancanegara

by Aulia Fitrie
16 June 2025
0

Jakarta, Metapos.id – Menyambut musim libur sekolah, Traveloka, platform perjalanan all-in-one terdepan di Asia Tenggara, resmi meluncurkan Kampanye Libur Sekolah...

BNI Boyong 3 UKM RI Ke Pameran Makanan Terbesar di Korsel, Jajaki Pasar Ekspor ke Negeri Ginseng

BNI Boyong 3 UKM RI Ke Pameran Makanan Terbesar di Korsel, Jajaki Pasar Ekspor ke Negeri Ginseng

by Aulia Fitrie
16 June 2025
0

Jakarta, Metapos.id - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI melalui program BNI Xpora memboyong tiga pelaku usaha kecil...

LPS MHM 2025, Ajang Pelari Nasional Tingkatkan Performa dan Prestasinya

LPS MHM 2025, Ajang Pelari Nasional Tingkatkan Performa dan Prestasinya

by Afizahri
16 June 2025
0

Jakarta, Metapos.id – Jakarta. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali sukses menggelar LPS Monas Half Marathon 2025 untuk ketiga kalinya. Antusiasme...

Tumbuh Seimbang dan Berkelanjutan, BSI Membuka Outlet Prioritas di Bintaro

BSI Tingkatkan Penetrasi Perkuat Basis DPK

by Afizahri
14 June 2025
0

Jakarta, Metapos.id - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berambisi menggenjot penetrasi tabungan wadiah berbasis payroll atau rekening gaji guna...

Next Post
BTN Syariah Buka Cabang di Karawang

BTN Syariah Buka Cabang di Karawang

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

Pupuk Indonesia Hadirkan Posko Mudik BUMN di Pelabuhan Tanjung Priok

Pupuk Indonesia Hadirkan Posko Mudik BUMN di Pelabuhan Tanjung Priok

30 March 2025
ACC Kembali Dinobatkan sebagai Best Company to Work for in Asia

ACC Kembali Dinobatkan sebagai Best Company to Work for in Asia

4 June 2024

Trending.

Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

16 March 2023
BCA Pamer Gedung Baru Ramah Lingkungan di BSD

BCA Pamer Gedung Baru Ramah Lingkungan di BSD

16 June 2022
Prudential Indonesia Bersama Generasi Muda Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Gen-Zummit 2025

Prudential Indonesia Bersama Generasi Muda Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Gen-Zummit 2025

26 May 2025
Kantor Pusat Bukit Asam akan Gunakan PLTS Atap

Kantor Pusat Bukit Asam akan Gunakan PLTS Atap

13 April 2023
Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

Uang Rupiah Emisi 2022 Mendapatkan Penghargaan Internasional

19 May 2023
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • About
  • Advertise
  • Privacy & Policy
  • Contact

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media