• Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Lifestyle

Konsumsi Menguat, Tren Belanja Online saat Ramadhan diprediksi Makin Melejit

Afizahri by Afizahri
16 January 2023
in Lifestyle
Konsumsi Menguat, Tren Belanja Online saat Ramadhan diprediksi Makin Melejit
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA,Metapos.id – Kebiasaan berbelanja online yang terbentuk sejak pandemi Covid-19 terus berlanjut seiring dengan pemulihan ekonomi dalam negeri. Menjelang Ramadhan yang akan berlangsung pada akhir Maret 2023 nanti, masyarakat pun diperkirakan akan lebih banyak berbelanja seiring dengan adanya Tunjangan Hari Raya (THR).


Survei yang dilakukan oleh pemimpin teknologi periklanan global, The Trade Desk, bersama lembaga riset YouGov terhadap lebih dari 2.000 penduduk Indonesia mencatat pada Ramadan tahun ini sebanyak 88 persen masyarakat Indonesia berencana berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan saat beribadah.


Survei ini juga menunjukkan bahwa perempuan milenial diperkirakan paling banyak berbelanja secara online pada Ramadhan yang akan datang. Dalam memilih platform belanja online, perempuan milenial akan cenderung lebih memperhatikan aspek promosi serta harga, dan produk yang akan lebih banyak dibelanjakan adalah produk kosmetik serta parfum, kesehatan dan fesyen.
Di sisi lain, lelaki milenial akan lebih memilih platform belanja online yang praktis dan cepat dalam berbelanja online. Mereka diperkirakan akan lebih banyak berbelanja kebutuhan spiritual dan produk digital. Sementara itu, konsumen Gen Z akan lebih banyak berbelanja produk kesehatan dan perawatan pribadi, serta kosmetik dan parfum, dibandingkan masyarakat umum pada Ramadhan 2023.
Melihat hal ini, dapat diprediksi bahwa platform belanja online atau e-commerce pun akan berlomba-lomba dalam menghadirkan inisiatif dan program menarik menjelang Ramadan nanti.
“Diperkirakan masyarakat Indonesia menggunakan sebagian besar waktu untuk mempersiapkan pembelanjaan mereka menjelang bulan suci tahun ini. Terdapat peluang bagi para brand untuk menjangkau konsumen mereka melalui pesan yang relevan di waktu yang tepat,” kata Purnomo Kristanto, selaku General Manager The Trade Desk Indonesia melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Kamis (12/1).


Hal ini turut didukung oleh temuan survei The Trade Desk yang mencatat sebanyak 53 persen masyarakat Indonesia berencana untuk menggunakan THR-nya pada saat Ramadan ketimbang menabungkannya. Menurut data agregat dari lima situs e-commerce terkemuka di Indonesia, aktivitas daring seperti ini diperkirakan akan memuncak pada 7–10 hari sebelum Idul Fitri, waktu di mana masyarakat Indonesia umumnya telah menerima THR mereka.


Dari sisi e-commerce, Tokopedia juga turut aktif ambil andil dalam meraih potensi tersebut. Alfredo Setiabudi selaku VP of Advertising Solutions Tokopedia yang turut hadir dalam acara peluncuran hasil survei ini menyatakan, selama pandemi, Tokopedia telah melihat percepatan pertumbuhan tren pemberian hadiah.
“Popularitas hampers tahun lalu tumbuh sebesar 140 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan mencapai rekor tertinggi. Tahun ini, kami perkirakan tren hampers akan terus meningkat. Dengan melandainya pandemi COVID-19, pertumbuhan kategori produk yang relevan dengan kegiatan tatap muka, seperti busana muslim, kecantikan, dan F&B kemungkinan akan tumbuh juga,” jelas Alfredo.


Tak hanya itu pihaknya secara konsisten juga fokus pada penjual konteks lokal dan menghadirkan program Ramadan Ekstra. “Kami secara konsisten menghadirkan Ramadan Ekstra, kampanye Ramadhan tahunan terbesar kami, untuk menciptakan pengalaman Ramadhan yang tak terlupakan bagi pelanggan kami dan pada saat yang sama mendorong pertumbuhan UMKM yang hadir di platform kami selama musim perayaan,” kata Alfredo.
Sebelumnya, Tokopedia juga sempat membagikan tren belanja sepanjang ramadan 2022 dimana kategori Makanan dan Minuman, Fesyen, dan Rumah Tangga tercatat yang paling laris di platformnya. Pada kategori fesyen misalnya, penjualan perlengkapan ibadah di Tokopedia melonjak hampir 4 kali lipat. Kerudung, gamis, dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim yang paling banyak diburu masyarakat. Selain itu, produk makanan dan minuman juga mengalami lonjakan. Madu, kue kering dan kopi adalah produk makanan dan minuman yang terlaris di Tokopedia Nyam!, serta mie instan merupakan menu penyelamat sahur favorit di TokopediaNOW!.


Tak hanya itu, hadirnya super App seperti Gojek, Grab, Tokopedia dan lainnya juga berkontribusi dalam meningkatkan pesanan makanan online (online food delivery) selama bulan Ramadan. Masih dari survei yang sama, 1 dari 4 orang di Indonesia akan memesan makanan melalui aplikasi pengiriman online Ramadhan ini. Jenis-jenis makanan yang akan paling banyak dipesan meliputi makanan siap saji, makanan ringan, minuman serta makanan penutup yang manis.

Download Premium WordPress Themes Free
Premium WordPress Themes Download
Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes
free download udemy course
download samsung firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy course download free
Tags: Belanja onlineMetapos.idRamadhan
Afizahri

Afizahri

Related Posts

Pelita Air Tambah Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari PP

Soal Pelita Air Gabung Garuda Indonesia, Erick Thohir: Proses Kajian Ada di Danantara

by Afizahri
16 September 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara terkait rencana penggabungan maskapai Pelita Air ke...

Arus Mudik dan Balik Lebaran Jalur Laut Lancar Terkendali

Kemenhub Batal Perpanjangan KRL sampai Karawang, Ini Alasannya

by Rahmat Herlambang
16 September 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantalkan rencana untuk pengembangan jalur kereta rel listrik (KRL) sampai ke Karawang. Saat ini,...

PN Jakarta Pusat Didukung Komunitas Internasional untuk Menolak Gugatan FICMA

PN Jakarta Pusat Didukung Komunitas Internasional untuk Menolak Gugatan FICMA

by Rahmat Herlambang
16 September 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Gugatan yang diajukan Federasi Industri Chrysotile Mineral Asbes (FICMA) terhadap Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) Yasa...

Dukung Pencegahan Kanker Serviks, Prudential Indonesia Hadirkan Layanan Pap Smear Gratis untuk Perempuan Prasejahtera

Dukung Pencegahan Kanker Serviks, Prudential Indonesia Hadirkan Layanan Pap Smear Gratis untuk Perempuan Prasejahtera

by Rahmat Herlambang
15 September 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Reproduksi Sedunia pada 4 September, Prudential Indonesia kembali menghadirkan layanan Pap Smear...

Next Post
BTN Syariah Buka Cabang di Karawang

BTN Syariah Buka Cabang di Karawang

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

Rangkul Gakeslab Indonesia, BSI Perkuat Ekosistem Keuangan Syariah di Sektor Kesehatan

Rangkul Gakeslab Indonesia, BSI Perkuat Ekosistem Keuangan Syariah di Sektor Kesehatan

10 August 2023
PLN Berhasil Menghubungkan 10 km Jalan di Sulawesi Berkat Pengolahan FABA

PLN Butuh Rp23,95 Triliun untuk Mencapai Rasio Elektrifikasi 100 Persen

31 May 2024

Trending.

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

1 August 2025
Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

30 May 2025
Affan Kurniawan: Driver Ojol Tewas Usai Dilindas Rantis Brimob di Pejompongan

Affan Kurniawan: Driver Ojol Tewas Usai Dilindas Rantis Brimob di Pejompongan

29 August 2025
Bos Danantara: 52% BUMN Merugi, RI Rugi Rp 50 T per Tahun

Bos Danantara: 52% BUMN Merugi, RI Rugi Rp 50 T per Tahun

19 August 2025
RUPS Tahunan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

RUPS Tahunan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

3 September 2025
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media