• Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Ekbis

Tol Cibitung-Cilincing Bikin Perjalanan Makin Cepat, Tapi Tarifnya Masih Jadi Keluhan

Afizahri by Afizahri
21 June 2025
in Ekbis
Hingga AKhir 2023, Hutama Karya Proyeksikan Trafik Tol Trans Sumatera Naik 19 Persen
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Metapos.id – Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) makin menunjukkan manfaatnya, terutama bagi pelaku usaha logistik dan warga sekitar. Tol ini menjadi penghubung penting antara kawasan industri dan Pelabuhan Tanjung Priok. Tak heran, JTCC disebut-sebut tepat untukmenjadi bagian dari integrasi koridor wilayah logistik karena bisa memangkas waktu tempuh secara signifikan.Adil Karim, Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) Jakarta, menilai Tol Cibitung-Cilincing sebagai solusi dan bagian dari integrasikoridor wilayah logistik.

“Tol ini memang dirancang untuk memperlancar pergerakan logistik dari kawasan industri di timur Jakarta, seperti Cibitung dan sekitarnya, langsung ke pelabuhan, tanpa harus melalui jalur padat seperti Tol Jakarta-Cikampek,” kata Adil.

Namun, ia menyayangkan masih rendahnya tingkat pemanfaatan JTCC oleh pelaku usaha logistik. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh tingginya tarif tol yang dinilai tidak sebanding dengan efisiensi biaya operasional. “Untuk jarak sekitar 34 kilometer, tarifnya bisa lebih dari Rp100 ribu. Ini memberatkan pengusaha, apalagi sopir truk yang akhirnya enggan lewat tol,”ujarnya.

Integrasi koridor wilayah logistik merupakan upaya menghubungkan berbagai kawasan industri,dengan pusat distribusi seperti pelabuhan dan bandara melalui infrastruktur transportasi seperti jalan tol agar proses pengiriman barang lebih cepat, murah, dan lancar. Koridor atau jalur yang terintegrasi memungkinkan akses antar wilayah menjadi lebih tersambung tanpa banyak hambatan serta tarif untuk penggunaan infrastruktur seperti tol lebih terkoordinasi dan disesuaikan.

Jika terwujud, integrasi ini dapat membuka peluang bagi penurunan tarif tol secara keseluruhan,sehingga meringankan beban biaya logistik dan mendorong lebih banyak pelaku usaha memanfaatkan infrastruktur yang telah tersedia. Di tengah kemacetan di jalur logistik seperti Pelabuhan Tanjung Priok yang semakin padat dan jalan tol eksisting masih belum optimal dimanfaatkan, integrasi koridor logistik menjadi solusi mendesak.Sementara itu, dari sisi masyarakat, keberadaan tol ini ternyata turut membawa dampak positif yang dirasakan langsung di wilayah sekitar.

Drahim Sada, tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi,menyebut tol ini membawa kemajuan besar bagi wilayahnya.“Dulu kalau mau ke Jakarta lewat Bekasi macetnya luar biasa. Sekarang bisa lewat Tol Cibitung-Cilincing, jauh lebih lancar,” ungkap Drahim. Ia juga menceritakan waktu tempuh yang kini jauh lebih singkat. “Dari yang tadinya bisa 1,5 sampai 2 jam, sekarang 30 menit sudah sampai ke Pemda Kabupaten,” tambahnya.

Dusun Srimahi, Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat. Ia menyebut akses ke Jakarta kini makin mudah. “Besar keuntungannya. Dulu kampung kami sepi, sekarang lebih hidup karena dekat pintu tol di Gabus,” katanya. Menurut Soleh, perjalanan dari Gabus ke Telaga Asih kini bisa ditempuh hanya dalam 10 menit. “Kalau dulu bisa makan waktu lama, sekarang paling lambat 10 menit sudah sampai,” ucapnya.

Meski sudah merasakan manfaatnya, Soleh berharap pemerintah bisa mempercepat pengembangan tol, termasuk menyesuaikan tarif agar lebih terjangkau. “Kalau bisa ramai, ekonomi daerah juga ikut tumbuh. Kami juga berharap ada subsidi atau penyesuaian tarif permanen untuk Tol Cibitung-Cilincing dari pemerintah. Yang paling utama, tarifnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat secara luas termasuk tarif yang lebih masuk akal buat sopir truk,” harapnya.

Senada dengan itu, Adil dari ALFI juga mendorong pemerintah dan pengelola tol untuk mengevaluasi tarif Tol Cibitung-Cilincing. “Kalau tarif bisa lebih bersahabat, sopir akan lebih memilih lewat tol ketimbang jalan biasa. Ini tentu akan mempercepat distribusi logistik secara keseluruhan,” tutupnya.

Download Premium WordPress Themes Free
Download Nulled WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
Download Premium WordPress Themes Free
free download udemy paid course
download intex firmware
Download Premium WordPress Themes Free
free online course
Tags: Metapos.idTol cibitung
Afizahri

Afizahri

Related Posts

Brand Lokal Terus Tumbuh Lewat Strategi Digital di E-Commerce

Brand Lokal Terus Tumbuh Lewat Strategi Digital di E-Commerce

by Rahmat Herlambang
10 November 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Ekonomi digital Indonesia terus menunjukkan ketahanannya di tengah dinamika global. Berdasarkan data Bank Indonesia, nilai transaksi e-commerce...

Delapan Tim Dipastikan Tersingkir dari Piala Dunia U-17 2025

Delapan Tim Dipastikan Tersingkir dari Piala Dunia U-17 2025

by Taufik Hidayat
10 November 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2025 mulai menyingkirkan sejumlah tim. Hingga pekan ini, delapan negara telah...

“Prabowo Umumkan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional ke 10 Tokoh, Antara Lain Soeharto”

“Prabowo Umumkan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional ke 10 Tokoh, Antara Lain Soeharto”

by Taufik Hidayat
10 November 2025
0

Metapos.id, Jakarta — Presiden Prabowo Subianto resmi menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada sepuluh tokoh Indonesia dalam upacara di Istana Negara,...

Penunggak Pajak Kendaraan Bakal Didatangi Petugas ke Rumah

Penunggak Pajak Kendaraan Bakal Didatangi Petugas ke Rumah

by Taufik Hidayat
10 November 2025
0

Metapos.id, Jakarta - Pemerintah terus berupaya menekan angka tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di berbagai daerah. Setelah sebelumnya diberlakukan berbagai...

Next Post
Resmi! Pramono Anung Umumkan Call Name dan Logo Bank DKI Menjadi Bank Jakarta

Resmi! Pramono Anung Umumkan Call Name dan Logo Bank DKI Menjadi Bank Jakarta

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

Stok Beras Menipis, RI Bakal Buka Keran Impor?

Bulog: Stok Cadangan Beras Pemerintah Capai 3,9 Juta Ton

12 August 2025
Anggota DPR Dapat Tunjangan Beras Rp 12 Juta per Bulan

Anggota DPR Dapat Tunjangan Beras Rp 12 Juta per Bulan

20 August 2025

Trending.

Gubernur Jawa Barat Kang Dedi Mulyadi Sidak Perusahaan Aqua Fakta di Lapangan Mengejutkan

Gubernur Jawa Barat Kang Dedi Mulyadi Sidak Perusahaan Aqua Fakta di Lapangan Mengejutkan

22 October 2025
Dua Kali Janji Tunjukkan Ijazah di Pengadilan, Jokowi Malah Tak Hadiri Sidang CLS di PN Solo

Dua Kali Janji Tunjukkan Ijazah di Pengadilan, Jokowi Malah Tak Hadiri Sidang CLS di PN Solo

25 October 2025
Prakiraan Cuaca 24–26 Oktober 2025 Hujan Ringan Hingga Lebat Diprediksi Landa Jabodetabek

Prakiraan Cuaca 24–26 Oktober 2025 Hujan Ringan Hingga Lebat Diprediksi Landa Jabodetabek

23 October 2025
Ginran Ditanya Pesan Untuk Peserta Optimalisasi CPNS Jawabannya Nanti Saja

Ginran Ditanya Pesan Untuk Peserta Optimalisasi CPNS Jawabannya Nanti Saja

15 October 2025
Kemenpora Bahas Evaluasi Timnas, 4 Nama Calon Pengganti Patrick Kluivert Muncul di Meja Rapat

Kemenpora Bahas Evaluasi Timnas, 4 Nama Calon Pengganti Patrick Kluivert Muncul di Meja Rapat

22 October 2025
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media