• Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Ekbis

Tol Cibitung-Cilincing Bikin Perjalanan Makin Cepat, Tapi Tarifnya Masih Jadi Keluhan

Afizahri by Afizahri
21 June 2025
in Ekbis
Hingga AKhir 2023, Hutama Karya Proyeksikan Trafik Tol Trans Sumatera Naik 19 Persen
Share on FacebookShare on Twitter

Jakarta, Metapos.id – Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) makin menunjukkan manfaatnya, terutama bagi pelaku usaha logistik dan warga sekitar. Tol ini menjadi penghubung penting antara kawasan industri dan Pelabuhan Tanjung Priok. Tak heran, JTCC disebut-sebut tepat untukmenjadi bagian dari integrasi koridor wilayah logistik karena bisa memangkas waktu tempuh secara signifikan.Adil Karim, Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) Jakarta, menilai Tol Cibitung-Cilincing sebagai solusi dan bagian dari integrasikoridor wilayah logistik.

“Tol ini memang dirancang untuk memperlancar pergerakan logistik dari kawasan industri di timur Jakarta, seperti Cibitung dan sekitarnya, langsung ke pelabuhan, tanpa harus melalui jalur padat seperti Tol Jakarta-Cikampek,” kata Adil.

Namun, ia menyayangkan masih rendahnya tingkat pemanfaatan JTCC oleh pelaku usaha logistik. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh tingginya tarif tol yang dinilai tidak sebanding dengan efisiensi biaya operasional. “Untuk jarak sekitar 34 kilometer, tarifnya bisa lebih dari Rp100 ribu. Ini memberatkan pengusaha, apalagi sopir truk yang akhirnya enggan lewat tol,”ujarnya.

Integrasi koridor wilayah logistik merupakan upaya menghubungkan berbagai kawasan industri,dengan pusat distribusi seperti pelabuhan dan bandara melalui infrastruktur transportasi seperti jalan tol agar proses pengiriman barang lebih cepat, murah, dan lancar. Koridor atau jalur yang terintegrasi memungkinkan akses antar wilayah menjadi lebih tersambung tanpa banyak hambatan serta tarif untuk penggunaan infrastruktur seperti tol lebih terkoordinasi dan disesuaikan.

Jika terwujud, integrasi ini dapat membuka peluang bagi penurunan tarif tol secara keseluruhan,sehingga meringankan beban biaya logistik dan mendorong lebih banyak pelaku usaha memanfaatkan infrastruktur yang telah tersedia. Di tengah kemacetan di jalur logistik seperti Pelabuhan Tanjung Priok yang semakin padat dan jalan tol eksisting masih belum optimal dimanfaatkan, integrasi koridor logistik menjadi solusi mendesak.Sementara itu, dari sisi masyarakat, keberadaan tol ini ternyata turut membawa dampak positif yang dirasakan langsung di wilayah sekitar.

Drahim Sada, tokoh masyarakat Kabupaten Bekasi,menyebut tol ini membawa kemajuan besar bagi wilayahnya.“Dulu kalau mau ke Jakarta lewat Bekasi macetnya luar biasa. Sekarang bisa lewat Tol Cibitung-Cilincing, jauh lebih lancar,” ungkap Drahim. Ia juga menceritakan waktu tempuh yang kini jauh lebih singkat. “Dari yang tadinya bisa 1,5 sampai 2 jam, sekarang 30 menit sudah sampai ke Pemda Kabupaten,” tambahnya.

Dusun Srimahi, Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat. Ia menyebut akses ke Jakarta kini makin mudah. “Besar keuntungannya. Dulu kampung kami sepi, sekarang lebih hidup karena dekat pintu tol di Gabus,” katanya. Menurut Soleh, perjalanan dari Gabus ke Telaga Asih kini bisa ditempuh hanya dalam 10 menit. “Kalau dulu bisa makan waktu lama, sekarang paling lambat 10 menit sudah sampai,” ucapnya.

Meski sudah merasakan manfaatnya, Soleh berharap pemerintah bisa mempercepat pengembangan tol, termasuk menyesuaikan tarif agar lebih terjangkau. “Kalau bisa ramai, ekonomi daerah juga ikut tumbuh. Kami juga berharap ada subsidi atau penyesuaian tarif permanen untuk Tol Cibitung-Cilincing dari pemerintah. Yang paling utama, tarifnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat secara luas termasuk tarif yang lebih masuk akal buat sopir truk,” harapnya.

Senada dengan itu, Adil dari ALFI juga mendorong pemerintah dan pengelola tol untuk mengevaluasi tarif Tol Cibitung-Cilincing. “Kalau tarif bisa lebih bersahabat, sopir akan lebih memilih lewat tol ketimbang jalan biasa. Ini tentu akan mempercepat distribusi logistik secara keseluruhan,” tutupnya.

Download WordPress Themes Free
Download Best WordPress Themes Free Download
Free Download WordPress Themes
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy course download free
download mobile firmware
Download WordPress Themes
download udemy paid course for free
Tags: Metapos.idTol cibitung
Afizahri

Afizahri

Related Posts

Sambut HUT RI ke-80, Bank Mandiri Akselerasi Generasi Muda Melek Finansial Lewat SimPel

Sambut HUT RI ke-80, Bank Mandiri Akselerasi Generasi Muda Melek Finansial Lewat SimPel

by Afizahri
9 August 2025
0

Jakarta, Metapos.id – Menyambut Hari Ulang Tahun ke-80 Republik Indonesia, Bank Mandiri memperkuat kontribusinya dalam memperluas literasi keuangan di kalangan...

Dana Result Based Payment Dukung Pengendalian Perubahan Iklim di 15 Provinsi

Dana Result Based Payment Dukung Pengendalian Perubahan Iklim di 15 Provinsi

by Desti Dwi Natasya
9 August 2025
0

Metapos.id, Jakarta, 7 Agustus 2025 — Di tengah ancaman krisis iklim yang dampaknya semakin nyata, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan berbagai...

Tiket KA Libur Natal dan Tahun Baru Baru Terjual 10,1 Persen

Jumlah Pengguna Commuter Line di Jabodetabek Tembus 31,4 Juta Sepanjang Juli 2025

by Rahmat Herlambang
9 August 2025
0

Jakarta, Metapos.id - KAI Commuter mencatat kembali tren pertumbuhan pengguna Commuter Line Jabodetabek pada Juli 2025. Tercatat sebanyak 31.400.484 pengguna...

Jerome Polin Kritisi Sri Mulyani Soal Gaji Guru: Prioritaskan Anggaran Pendidikan

Jerome Polin Kritisi Sri Mulyani Soal Gaji Guru: Prioritaskan Anggaran Pendidikan

by metaposmedia
9 August 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Kreator konten Jerome Polin mengungkapkan kekecewaannya setelah mendengar pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait rendahnya gaji...

Next Post
Resmi! Pramono Anung Umumkan Call Name dan Logo Bank DKI Menjadi Bank Jakarta

Resmi! Pramono Anung Umumkan Call Name dan Logo Bank DKI Menjadi Bank Jakarta

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

LPS Naikkan Bunga Penjaminan 25 Bps

LPS Naikkan Bunga Penjaminan 25 Bps

27 September 2022
Chubb Life Indonesia Luncurkan My Wealth Protection, Produk Asuransi Dwiguna Kombinasi Terbaru

Chubb Life Indonesia Luncurkan My Wealth Protection, Produk Asuransi Dwiguna Kombinasi Terbaru

30 May 2025

Trending.

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

1 August 2025
SMP EMIISC Jakarta Dominasi Kualifikasi Panahan SMP Putra Kejuaraan Pelajar DKI 2025

SMP EMIISC Jakarta Dominasi Kualifikasi Panahan SMP Putra Kejuaraan Pelajar DKI 2025

24 July 2025
Prudential Indonesia Permudah Akses Produk Asuransi Melalui Teknologi

Prudential Indonesia Permudah Akses Produk Asuransi Melalui Teknologi

7 July 2025
Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

Penukaran Uang Baru Ramadan Sudah Bisa Dilakukan Mulai 20 Maret

16 March 2023
Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

30 May 2025
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media