• Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas
No Result
View All Result
Metapos
No Result
View All Result
Home Ekbis

Biaya Proyek Kereta Cepat Makin Besar, Berapa Lama Bisa Balik Modal?

Rahmat Herlambang by Rahmat Herlambang
10 November 2022
in Ekbis
Biaya Proyek Kereta Cepat Makin Besar, Berapa Lama Bisa Balik Modal?
Share on FacebookShare on Twitter

JAKARTA,Metapos.id – Biaya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada awalnya diprediksi 6,071 miliar dolar AS kini menjadi 7,5 miliar dolar AS. Hal ini karena dalam proses pembangunannya terjadi pembengkakan biaya sebesar 1,449 miliar dolar AS atau setara Rp21 triliun lebih.

Dengan biaya yang begitu besar, kapan proyek KCJB ini bisa balik modal?

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo memperkirakan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung baru akan balik modal 38 tahun usai resmi beroperasi. KCJB sendiri ditargetkan beroperasi pada bulan Juni 2023. Artinya, dengan perhitungan tersebut pemerintah baru bisa balik modal pada 2061 mendatang.

“Sesuai perhitungan feasibility study (studi kelayakan) itu (balik modalnya) 38 tahun,” kata Didiek dalam rapat dengan komisi VI, dikutip Kamis, 10 November.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan bahwa perhitungan tersebut sudah termasuk tarif Rp250.000 untuk jarak terjauh selama tiga tahun. Besaran tarif ini sesuai dengan permintaan dari Kementerian Perhubungan.

Meski begitu, kata Dwiyana, estimasi balik modal tersebut belum memperhitungkan pendapatan dari pengembangan kawasan berorientasi transit (TOD).

“38 tahun itu dihitung oleh konsultan financial model dan review feasibility study, sudah memperhitungkan 3 tahun itu dengan tarif Rp250.000 (rute) terjauh. Dan tidak memperhitungkan revenue dari TOD,” kata Dwiyana.

Saat ini, kata Dwiyana, dana yang dimiliki KCIC fokus untuk menyelesaikan konstruksi. Namun, Dwiyana menyebut lahan yang dimiliki KCIC akan dimanfaatkan dan dikembangkan.

“Misal Stasiun Halim ada lahan 3,4 hektare pasti akan dikembangkan untuk properti yang mendukung pelayanan. Itu masih belum kita masukkan, artinya jadi cadangan,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pembengkakan biaya atau cost overrun proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tembus sebesar 1,449 miliar dolar AS atau setara dengan Rp21,4 triliun (asumsi kurs Rp14.800). Sehingga biaya proyek yang awalnya diprediksi 6,071 miliar dolar AS kini menjadi 7,5 miliar dolar AS.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan BPKP melakukan dua kali reviu cost overrun atau pembengkakan biaya proyek KCJB. Hasil reviu pertama total pembengkakan biaya senilai 1.176 dolar AS. Sementara hasil kedua, pembengkakan biaya tersebut senilai 273 juta dolar AS.

“Sehingga dengan adanya asersi satu dan asersi dua ini total nilai cost overrun ini adalah 1.449 miliar dolar AS,” katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI, Rabu, 9 November.

Sekadar informasi, angka pembengkakan biaya proyek KCJB tersebut meningkat jika dibandingkan dengan perhitungan dan reviu BPKP pada 9 Maret 2022 yang hanya sebesar 1,17 miliar dolar AS atau setara Rp17,64 triliun.

Kata Didiek, pembengkakan biaya ini akan dibayar patungan antara konsorsium BUMN Indonesia dan China sebesar 25 persen dan 75 persennya lagi berasal dari penarikan pinjaman pada China Development Bank (CDB).

“Sudah mencapai kesepakatan awal dengan pihak China struktur pembiayaan cost overrun ini dilakukan dengan skema dengan 25 persen ekuitas, 75 persen loan (pinjaman). Ini sudah ada kesepakatan,” kata Didiek.

Kata Didiek, untuk porsi ekuitas Indonesia yang totalnya sebesar Rp3,2 triliun, diusulkan bersumber dari PMN kepada PT KAI sebagai leading sector.

Download Best WordPress Themes Free Download
Download Premium WordPress Themes Free
Premium WordPress Themes Download
Download Nulled WordPress Themes
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
download huawei firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
udemy paid course free download
Tags: Biaya proyekKereta cepatMetapos.id
Rahmat Herlambang

Rahmat Herlambang

Related Posts

Survei Prudential: 93% Pasien Indonesia Akui Menunda Perawatan Medis

Survei Prudential: 93% Pasien Indonesia Akui Menunda Perawatan Medis

by Rahmat Herlambang
17 September 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Prudential Indonesia bersama Prudential Syariah merilis hasil survei terbaru yang dilakukan bersama Economist Impact berjudul “Suara Pasien...

World Retina Day 2025: JEC Ingatkan Bahaya Uveitis sebagai Penyebab Kebutaan Permanen

World Retina Day 2025: JEC Ingatkan Bahaya Uveitis sebagai Penyebab Kebutaan Permanen

by Rahmat Herlambang
17 September 2025
0

Metapos.id, Jakarta – Gangguan pada retina, termasuk akibat peradangan seperti uveitis, kerap mengancam secara diam-diam. Gejala mata merah dan pandangan...

Kolaborasi Kreatif Hadir di IFFINA+ 2025, dari Talks+ hingga Homeliving Festival

Kolaborasi Kreatif Hadir di IFFINA+ 2025, dari Talks+ hingga Homeliving Festival

by Rahmat Herlambang
17 September 2025
0

Metapos.id, Tangerang – Pameran furnitur, desain interior, dan kerajinan terbesar di Indonesia, IFFINA+ 2025, resmi dibuka hari ini di Indonesia...

Pelita Air Tambah Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari PP

Soal Pelita Air Gabung Garuda Indonesia, Erick Thohir: Proses Kajian Ada di Danantara

by Afizahri
16 September 2025
0

Jakarta, Metapos.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir buka suara terkait rencana penggabungan maskapai Pelita Air ke...

Next Post
DAMRI Operasikan 24 Bus Listrik di KTT G20 Bali

DAMRI Operasikan 24 Bus Listrik di KTT G20 Bali

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recommended.

Badan Pangan Nasional Minta Bulog Serap Gabah Petani di Karawang

Badan Pangan Nasional Minta Bulog Serap Gabah Petani di Karawang

29 April 2024
BEI Tutup Perdagangan 2024

BEI Tutup Perdagangan 2024

30 December 2024

Trending.

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

Mulai 17 Agustus, Transaksi Digital Akan Terhubung ke NIK dan Terpantau oleh Sistem Pajak Nasional

1 August 2025
Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

Laba MRT Jakarta di 2024 Turun 50,98 Persen

30 May 2025
Affan Kurniawan: Driver Ojol Tewas Usai Dilindas Rantis Brimob di Pejompongan

Affan Kurniawan: Driver Ojol Tewas Usai Dilindas Rantis Brimob di Pejompongan

29 August 2025
Bos Danantara: 52% BUMN Merugi, RI Rugi Rp 50 T per Tahun

Bos Danantara: 52% BUMN Merugi, RI Rugi Rp 50 T per Tahun

19 August 2025
RUPS Tahunan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

RUPS Tahunan PT Intermedia Capital Tbk (MDIA)

3 September 2025
Metapos Media

© 2022 Metapos Media

Navigasi

  • Kontak Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber

Ikuti Kami

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Ekbis
  • Lifestyle
  • Makro
  • Teknologi
  • Otomotif
  • Galeri
  • Vidio
  • Komunitas

© 2022 Metapos Media